Anak Yatim Piatu Eks ISIS di Bawah 10 Tahun Masih Dipertimbangkan Dipulangkan



Pemerintah RI memutuskan tidak akan memulangkan ratusan WNI eks ISIS di Suriah. Akan tetapi, Menkopolhukam Mahfud MD mengaku WNI anak-anak di bawah 10 tahun masih dipertimbangkan untuk dipulangkan.
w644.jpg
"Anak-anak di bawah 10 tahun akan dipertimbangkan tapi case by case," kata Mahfud usai rapat bersama Presiden Jokowi dan kementerian/lembaga di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (11/2).
Pertimbangan yang dimaksud adalah apakah anak-anak itu masih memiliki orang tua atau yatim piatu. Bagi anak yatim piatu di bawah 10 tahun eks ISIS, menurutnya masih bisa dipertimbangkan untuk dipulangkan.
"Ya artinya lihat aja, apakah anak itu di sana ada orang tuanya atau tidak. Anak anak yatim piatu yang orang tuanya tidak ada," ucapnya.

See detail
Ilustrasi ISIS Foto: REUTERS

Dia tak menjelaskan secara rinci alasan anak di bawah 10 tahun yang dipertimbangkan untuk dipulangkan. Namun dia mengisyaratkan alasannya karena tak anak di bawah 10 tahun belum dilatih militer.
"Mangkanya case by case (selektif)," ujar Mahfud.
Mantan Ketua MK itu menuturkan, pemerintah akan segera menghimpun data yang lebih valid tentang jumlah dan identitas WNI eks ISIS di Suriah. Berdasarkan data CIA, kata dia, terdapat 689 WNI.
"Berdasar data dari CIA 689 orang, 228 ada identitas teridentifikasi, sisanya 400-an tidak teridentifikasi," jelasnya.
sc: Kumparan.com

0 Response to "Anak Yatim Piatu Eks ISIS di Bawah 10 Tahun Masih Dipertimbangkan Dipulangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel